oleh

Bersama BNN, Rutan Kolaka Razia Peredaran Gelap Narkotika di Sel Tahanan

KOLAKA, TP – Jajaran Rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Kolaka mengandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengelar razia senyap di kamar para narapidana kasus narkotika, Minggu (8/12/2020) malam.

Dalam razia pengledahan itu, satu persatu warga binaan terpidana kasus narkotika diperiksa sebelum keluar dari kamar tahanan.

Usai digeledah, para petugas kemudian memeriksa isi kamar narapidana. Razia yang sengaja digelar pada tengah malam itu, juga bertujuan untuk mencegah kebocoran informasi pengledahan di kamar para narapidana narkotika.

Kepala Rutan Kelas IIB Kolaka, Darwan menuturkan, razia di kamar tahanan narapidana kasus narkotika dalam rangka deteksi dini gangunan kamtib di sel tahanan warga binaan. Selain itu kata Darwan, razia juga dilaksanakan guna pencegahan dan pemberanatasan peredaran gelap narkotika.

Kepala Rutan Kelas IIB Kolaka, Darwan (mengenakan topi) bersama kepala BNN Kolaka Bentonius Silitonga (jas hitam dalaman kaos putih). Foto: Dekri / triaspolitika.id

”Ini merupakan langkah rutan dalam mencegah peredaran gelap narkotika. Utamanya pada warga binaan terpidana kasus narkotika,” ujar Darwan pada triaspolitika.id Minggu (8/12/2020) malam.

Kepala BNN Kolaka, Bentonius Silitonga mengatakan, razia di Rutan kelas IIB Kolaka sangat berkaitan dengan progaram BNN yang saat ini gencar mencegah dan memberantas peredaran narkotika sesuai program Badan Narkotika Nasional.

Selain itu, kata Bentonius, pihaknya juga sudah mendapat amanat dari kepala BNN RI untuk tetap mencegah pemberantasan dan peredaran narkotika, BNN kabupaten maupun kota diharapkan untuk bisa bersinergi dengan penegak hukum lainnya dalam memberantas peredaran narkotika.

”Kami selalu diharapkan bisa bersinergi dengan aparat penegak hukum lainya termaksud rutan maupun lapas dalam upaya mencegah dan memberantas peredaran narkotika,” kata Kepala BNN Kolaka, Bentonius Silitonga.

Saat melakukan razia di kamar tahanan para napi, kata Bentonius, warga binaan sangat komunikatif. ”Warga binaan yang diperiksa juga tidak melakukan perlawanan atau sejeisnya,” ujarnya.

Sementara itu saat melakukan razia, personel rutan maupun BNN hanya menemukan beberapa sendok teh serta cermin, tidak ditemukan barang yang berjenis narkotika dalam rasia tersebut.

Reporter : A. Jamal

Komentar

HUKUM KRIMINAL