Baubau jadi Tuan Rumah Rakorda BPBD se- Sultra, Gubernur Ali Mazi berikan solusi penanggulangannya

waktu baca 2 menit
Gubernur Sultra, Ali Mazi.(Istimewa)

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Kota Baubau menjadi tuan rumah pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Penataan Sistem Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se- Sulawesi Tenggara (Sultra), di Tamimu Ballroom Villa Nirwana, Senin (28/03/2022).

Sultra merupakan wilayah yang rawan akan bencana alam dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sultra, terdapat 12 kabupaten/kota yang rawan akan bencana, khususnya banjir.

Dalam momentum Pembukaan Rakorda BPBD Se- Sultra Gubernur Sultra, Ali Mazi menyampaikan hal penting yang harus dilakukan BPBD dalam rangka penanggulangan bencana.

Hal tersebut, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam Rakernas penanggulangan bencana Februari 2022 lalu. “Pertama, budaya kerja harus dijaga. Antisipasi, responsif dan interaktif,” ucap Ali Mazi.

Point kedua, adalah mengutamakan orientasi pencegahan. Ketiga, meningkatkan infrastruktur dalam rangka mengurangi risiko bencana. Keempat, BNPB dan BPBD harus aktif mengajak seluruh aparat pemerintah pusat dan daerah agar pembangunan harus berorientasi kepada tanggul bencana.

“Kelima, bangun sistem edukasi perencanaan yang berkelanjutan terutama di daerah-daerah rawan bencana,” ujarnya.

Gubenur Sultra Ali Mazi, itu mengungkapkan, dari lima point tersebut, jika dilihat dalam wilayah Sultra, masuk dalam karakteristik rawan bencana alam, antara lain banjir, tanah longsor, gempa bumi, angin kencang,gelombang ekstrim dan lain sebagainya.

“Kita harus mampu inovasi kan secara nyata. Kita akan lakukan edukasi tentang pencegahan penanggulangan bencana. Melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kasihan masyarakat kita masih banyak yang buta, yang tidak tahu apa itu gempa bumi,” tandasnya.

Reporter: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!