oleh

AS Tamrin Tanamkan Nilai-nilai PO 5 Kepada Pemuda Milenial Kota Baubau

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH saat membuka dialog publik dalam memperingati hari sumpah pemuda ke 93 di Warkop KPK, Minggu malam( 31 /10/2021 dengan hal mengatakan ,pemuda milenial sekarang harus paham secara utuh nilai-nilai yang ada didalam sumpah pemuda. Tentu saja pemahaman itu bagaimana proses internalisasi secara utuh terhadap diri, bukan sekedar menyebutkan butir-butirnya saja.

Pemuda milenial harus paham betul bagaimana para pemuda kala itu bisa bersatu mengikrarkan sumpah pemuda tanpa ada yang bercerai berai. Padahal tidak dipungkiri merea datang dari berbagai suku dan budaya namun semangat persatuannya lebih menonjol daripada perasaan individual sehingga mereka berkumpul, bersepakat mengikrarkan sumpah pemuda tanpa ada yang gontok-gontokan dan saling protes.

Seirama dengan itu, menurut AS Tamrin, PO 5 yang sudah dielaborasi sebenarnya sudah mampu menyatukan semua bila nilai-nilai didalamnya ter implementasi dengan jujur. Pemuda milenial sangat penting untuk memahami itu.

Kata PO yang ada dalam PO 5 adalah perbuatan timbal balik yang tercermin dari kehidupan sehari-hari, yaitu saling sayang menyayangi, saling membantu, saling menanggung rasa malu, saling mengangkat harkat martabat (menghormati), saling menghargai perasaan orang lain. Semua itu ditakar dengan nilai kejujuran.

PO 5 memiliki tiga nilai penting yaitu nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praksis. Landasan filosofisnya adalah sarapataanguna, landasan ideologisnya pancasila dan landasan operasional revolusi mental. Semua itu bisa dikaji melalui pendekatan moral, hukum, sosial kemasyarakatan dalam bentuk tingkah laku dan pendekatan filsafat.

“Olehnya, melalui diskusi ini saya tegaskan implementasi dari nilai-nilai itu sebenarnya kunci untuk para pemuda bersatu membangun masyarakat yang maju sejahtera dan berbudaya sebab dia cocok disegala aspek,ujarnya.

Sementara itu, tema yang diangkat dalam dialog pemuda milenial PO 5 itu adalah “Dengan semangat PO 5 kita merajut persatuan dan kesatuan demi mewujudkan generasi milenial yang berkualitas”. Turut membawakan materi dalam diskusi tersebut yakni Asisten I Pemkab Buton, yang mewakili Kapolres Baubau yakni Kasat Intelkam Polres Baubau, Ketua HIPPMI Baubau Adriansyah Fahmi, ST, yang mewakili Ketua DPRD Kota Baubau Yumardin H dengan moderator Wa Ode Rahmawati. Turut hadir beberapa elemen kepemudaan seperti KNPI dan yang lainnya.(Adm)

BERITA PILIHAN