Antisipasi Narkoba dan Handphone, Rutan Unaha Lakukan Pemeriksaan Blok Napi

waktu baca 2 menit
Petugas Rutan Kelas II Unaaha saat memeriksa barang milik napi narkoba.

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Unaaha, Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) lakukan isidentil pemeriksaan terhadap blok narapidana (napi) kasus narkoba, Selasa 31/05/2022.

Petugas rutan setempat memeriksa setiap sudut blok napi guna memastikan ruangan tersebut bebas dari peredaran narkoba dan benda asing lainya. Pemeriksaan juga di lakukan terhadap warga binaan.

Kepala rutan kelas II Unaha, Herianto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan penguatan tugas pokok keamanan dalam melakukan pengetatan pemeriksaan setiap blok warga binaan.

“Ini untuk memastikan tidak ada narkoba maupun handphone khususnya di blok kamar-kamar hunian narkoba,” kata Herianto.

Apa lagi sambung Herianto, warga binaan rutan unaaha banyak menampung napi narkoba dari beberapa rutan dan lembaga pemasyarakatan (Lapas) antaranya rutan Kolaka, Raha dan Lapas Bau-bau.

Sehingga pemeriksaan itu rutin di lakukan untuk memastikan keadaan blok aman dari peredaran narkoba atau kepemilihan handphone.

” Upaya ini juga memutus komunikasi antara napi dan orang luar yang mungkin saja berpotensi terlibat jaringan narkoba,” terangnya.

Hasil pemeriksaan blok, lanjut Herianto, anggotanya tidak menemukan narkoba ataupun alat komunikasi lainya dan hanya mengamankan benda-benda yang dapat membahayakan warga binaan.

” Karena fokus penertiban Narkoba dan handphone, maka hasilnya tadi nihil, jadi tadi itu di geledah betul-betul oleh petugas untuk memastikan blok itu steril, tapi ada benda-benda terlarang seperti gunting, pisau kecil, botol kaca itu di amankan karena itu bisa mengganggu keamanan di dalam,” ungkap Herianto.

Reporter: Utha

error: Content is protected !!