oleh

Viral, Ikan Naik ke Pesisir Pantai Baubau, Kenapa Peristiwa ini Terjadi?

BAUBAU, TP – Pesisir muara sungai dekat Jembatan Gantung, Kota Baubau, provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mendadak dipadati oleh warga pada Kamis (14/1/2021) pagi.

Mereka beramai-ramai menangkap ikan hidup yang berenang dan berlompatan di sekitar pantai. Tak tanggung-tanggung, jumlah ikan yang berenang ke pinggir pantai begitu banyak. Satu orang bahkan mendapatkan hingga satu kantung berukuran 5 kilogram.

Keterangan yang dihimpun Triaspolitika.id pada  warga setempat, kejadian langkah tersebut sempat terjadi sekitar 20 tahun silam. Sehingga peristiwa tersebut dapat dikategorikan sebagai  momen langka.

Namun sebenarnya kenapa ikan-ikan tersebut mendadak datang ke pesisir ? Simak apa penjelasan ilmiah di balik hal ini.

1. Ikan pergi ke pesisir ketika laut terlalu panas.

Fenomena ini sebenarnya sering terjadi di berbagai belahan dunia. Pada umumnya, ikan berenang ke arah yang dangkal ketika suhu lautan menjadi terlalu panas untuk mereka. Lalu apakah air di sekitar pesisir lebih dingin?

Jawabannya bergantung pada musim. Umumnya, suhu air pesisir lebih hangat daripada laut. Namun di saat musim panas atau musim kemarau tiba, area sekitar pantai cenderung lebih dingin daripada laut dalam, begitu penjelasan dari National Data Buoy Center.

Hal ini diperkuat pula dengan La Nina yang sedang terjadi. Ini merupakan fenomena perubahan pola cuaca yang terjadi di Samudra Pasifik. Ketika ini terjadi, suhu lautan di area ekuator menjadi lebih hangat.

2. Sebagian ikan ingin melakukan pendinginan evaporatif.

Bukan hanya mencari area yang lebih dingin, sebagian ikan pergi ke pesisir untuk melakukan pendinginan evaporatif. Apakah itu?

Pendinginan evaporatif merupakan metode ikan-ikan amfibi untuk mengeluarkan panas dari tubuhnya. Mekanisme ini mirip seperti manusia yang berkeringat ketika udara sedang panas dan saat berolahraga.

Ikan biasanya melakukan pendinginan evaporatif dengan cara datang ke area dangkal. Dilansir Phys, peneliti dari University of Guelph dan Brock University Kanada berhasil membuktikan bahwa ikan benar-benar melakukan hal ini setidaknya ketika suhu air mulai mencapai 36 derajat Celcius.

Dengan datang ke area dangkal, mereka bisa melompat keluar dari air yang panas. Melalui cara itulah pendinginan evaporasi terjadi. Ini sesuai dengan laporan warga pesisir Kota Baubau, Sulawesi Tenggara yang mengatakan bahwa ikan-ikan itu melompat ke atas air.

3. Beberapa kemungkinan lain yang mengakibatkan datangnya ikan ke pesisir

Selain perkara suhu, ada alasan lain yang bisa mendasari kenapa ikan berenang ke arah pesisir. Berikut ini di antaranya:

Beberapa ikan sedang menderita penyakit tertentu. Mereka kemudian mengirimkan sinyal kepada ikan lain untuk mengikutinya ke arah pesisir. Namun hal ini biasanya terjadi pada paus dan lumba-lumba;

Ikan menghindari masalah yang terjadi di lautan, seperti polusi dan lain sebagainya. Ada kemungkinan ikan muncul ke permukaan karena fenomena La Nina.

Seperti itulah penjelasan kenapa ikan-ikan di pesisir Kota Baubau berdatangan ke area pesisir. Tak perlu bingung lagi, ya!

Laporan: Tim triaspolitika.id

HUKUM KRIMINAL