oleh

Puluhan Warga Labuan Bajo di Wolo Ikuti Vaksinasi BIN

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Puluhan warga Labuan Bajo, Kelurahan Wolo, Kecamatan Wolo, Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah atau BINDA Sultra Senin, (15/11/2021).

Pelaksanaan kegiatan dengan tema Indonesia Sehat Indonesia Hebat itu, dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Wolo.

Setidaknya dalam kegiatan tersebut empat vaksinator dan belasan tenaga kesehatan serta staf dari kecamatan Wolo dikerahkan untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Salah seorang anggota Bida Sultra Iyan mengatakan, vaksinasi tersebut dilakukan kepada sebanyak 50 warga. “Kalau dilihat masyarakat Labuan Bajo mereka sangat antusias,” kata Iyan pada Triaspolitika.id.

Iyan berharap semua warga yang telah menjalani vaksinasi dosis pertama dapat mengikuti vaksinasi dosis kedua nantinya.

“Saya berharap kegiatan ini juga memiliki dampak yang signifikan, terlebih kesehatan masyarakat untuk menghadapi situasi pandemi Covid-19 di wilayah Kolaka,” jelasnya.

Lanjut Iyan, dengan adanya vaksinasi yang berjalan baik, maka akan terbentuk herd imunity atau kekebalan massal demi memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19.

Pemberian vaksinasi tersebut kata Iyan, akan dilakukan secara bertahap, sembari bekerja sama dengan berbagai pihak, baik dari Puskesmas setempat, maupun pemerintah.

Salah seorang Warga Labuan Bajo Ikuti Vaksinasi BIN.(Dekrit/Triaspolitika.id)

Ia menyebut, target vaksinasi dari BINDA khususnya di Kabupaten Kolaka sebanyak 500 orang. ”Untuk Kolaka kita target 500 orang warga ikut vaksinasi yang dilaksanakan BINDA,” terangnya.

Vaksinasi yang dilaksanakan di Taman Baca Masyarakat Labuan Bajo itu, disambut antusias masyarakat setempat.

Kepala Puskesmas Wolo Amir Syam mengatakan, sejumlah tenaga kesehatan dikerahkan untuk mengawal pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan BINDA Sultra.

“Kami turunkan sejumlah tenaga kesehatan untuk mengawal pelaksanaan vaksinasi di Labuan Bajo,” ujar Amir.

Kata Amir, sebenarnya tingkat kepercayaan masyarakat Labuan Bajo akan vaksin sangat rendah, namun dengan upaya sosialisasi, membuat masyarakat akhirnya yakin dan ikut melaksanakan vaksinasi dengan semangat.

Salah seorang warga Labuan Bajo Hasriani (38) mengatakan, jika sebelumnya pihaknya masih ragu dengan vaksinasi, namun karena mengetahui pelaksanaan vaksinasi digelar oleh aparat TNI Polri hingga BIN, membuat dirinya yakin jika vaksinasi aman dan halal.

”Yah namanya juga masyarakat, kita selalu melihat di media sosial katanya vaksin itu bahaya. Itulah masyarakat, kalau sudah dengar seperti itu langsung percaya saja,” ungkap Hasriani.

Hasriani berharap setelah divaskin, pemerintah dapat memberikan bantuan sosial terhadapnya.

Reporter: Dekrit

BERITA PILIHAN