Polisi Amankan Emak-emak Wajah Glowing, Kasus Penggelapan Mobil di Kolaka

waktu baca 2 menit
Polisi Amankan Emak-emak Wajah Glowing, Kasus Penggelapan Mobil di Kolaka

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Enam orang emak-emak dengan wajah glowing hanya bisa menunduk saat anggota kepolisian Polres Kolaka mengiring mereka ke jeruji besi untuk dilakukan penahanan, Jumat (27/5/2022).

Emak-emak tersebut merupakan sindikat penipuan dan penggelapan belasan mobil rental di Kabupaten Kolaka.

Kasus tersebut terungkap saat korban Murgana (54) melaporkan dua emak-emak bernama Rahmi dan Pujiati ke Polres Kolaka atas kasus penipuan dan penggelapan mobil rental.

Pasalnya, penyewaan mobil telah jatuh tempo, namun keduanya tak kunjung mengembalikan mobil tersebut.

Tim Opsnal Satreskrim Polres Kolaka kemudian melakukan penyelidikan, alhasil berhasil mengamankan kedua pelaku beserta satu unit mobil avanza berwarna merah.

Berdasarkan hasil introgasi dan pengembangan Polisi, keduanya mengaku telah melakukan rental mobil ke sejumlah tempat, kemudian menggadainya.

Tindakan keduanya juga dibantu oleh empat orang emak-emak lainnya, masing-masing bernama Anti, Darlita, Samili dan Ipa.

Polisi kemudian melakukan penangkapan kepada empat orang yang dimaksud. Dihadapan Polisi, emak-emak tersebut mengak telah menggadaikan 11 unit mobil rental.

Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa mengatakan sindikat yang beranggotakan enam orang itu masing-masing memiliki peran, mulai dari mencari mobil rental, hingga mencari tempat untuk menggadai kendaraan.

”Dari 11 unit mobil yang digadai, sembilan diantaranya telah diamankan di Polres Kolaka. Sementara dua unit lainnya masih dalam penyelidikan,” ujar Saiful Mustofa, Jumat (27/5/2022).

Berdasarkan keterangan para pelaku, mobil tersebut digadai dengan nominal Rp 15 juta hingga 35 juta rupiah. Hasil gadai tersebut kemudian digunakan untuk berfoya-foya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, enam orang pelaku kini mendekam di sel tahanan Polres Kolaka.

Keenamnya dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 4 tahun penjara.

Reporter: A. Jamal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!