Nelayan di Kolaka Ikut Simulasi, Padamkan Api Pake Karung Goni

waktu baca 2 menit
Nelayan di Kolaka Ikut Simulasi, Padamkan Api Pake Karung Goni.(Jamal/Triaspolitika.id)

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Sejumlah nelayan di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengikuti simulasi pemadaman api dengan menggunakan karung goni. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Pelabuhan Syahbandar Pomalaa, pada Kamis (02/6/2022).

Ketua Panitia Diklat Barombong Makassar, Rusdi mengatakan, Simulasi dilakukan untuk memperkenalkan nelayan maupun Anak Buah Kapal (ABK) Niaga, dan Kapal Layar Motor (KLM) tata cara pemadaman api jika terjadi sesuatu hal di kapal.

”Kegiatan ini kami libatkan masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Kolaka. Selain itu, ada juga ABK yang mengikuti simulasi,” ujar Rusdi pada Triaspolitika.id.

Kata dia selain simulasi, nelayan juga diberi pembekalan teori tata cara memadamkan api jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di dalam kapal.

Teori tersebut kata dia, tidak hanya berlaku di dalam kapal, namun juga bisa terapkan jika terjadi kebakaran di dalam rumah.

Nelayan di Kolaka Ikut Simulasi, Padamkan Api Pake Karung Goni.(Jamal/Triaspolitika.id)

“Teori ini bisa dipraktekkan di rumah. Misalnya saja di rumah kita terjadi kebakaran, maka hal yang pertama kita lakukan yaitu memadamkan api dengan peralatan seadanya seperti karung goni ataupun handuk,” jelasnya.

Kata Rusdi, semua kapal Niaga maupun kapal Layar Motor harus memiliki sertifikat basic safety training (BST), surat keterangan kecakapan (SKK) 60 Mill.

Sementara itu Kepala Kantor UPP Kelas III Pomalaa, Rachman Rani mengatakan, kegiatan simulasi dilakukan oleh Politeknik Pelayaran Barombong Makassar Sulawesi Selatan.

”Saya sangat mengapresiasi kegiatan edukasi ini di setiap kecamatan se Kabupaten Kolaka. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, peserta pelatihan dapat menyebarluaskan teori dan praktek dalam memadamkan api,” ujar Rachman Rani.

Rachman rani berharap ilmu yang diterima nelayan dapat di sosialisasikan ke kecamatan masing-masing,” pungkasnya.

Reporter: A. Jamal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!