oleh

Menjaga Adat Mekongga, TKM Koltim Gelar Deklarasi

KOLTIM, TP – Guna menjaga kelestarian adat-istiadat suku Tolaki di Kolaka Timur, (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), organisasi masyarakat (ormas) Tamalaki Kalosara Mekongga (TKM) menggelar deklarasi pengukuhan sekaligus pemilihan ketua TKM Koltim, Minggu (30/08/2020) di salah satu lapangan futsal di Koltim.

Dalam deklarasi tersebut, Asdar ditunjuk sebagai ketua TKM Koltim oleh Dewan Sara, Ardan Buburanda.

Kegiatan deklarasi tersebut dihadiri seluruh pengurus TKM di 12 Kecamatan di Kolaka Timur.

Dalam deklarasi tersebut juga dihadiri beberapa organisasi masyarakat seperti, Persatuan Masyarakat Tolaki (PMT), Banderano Tolaki, serta TKM Kolaka.

Ketua TKM Koltim, Asdar mengatakan, pendirian TKM Koltim bertujuan untuk menjaga adat, harkat dan martabat serta identitas suku Tolaki terkhusus di Kolaka Timur.

Ketua TKM Koltim, Asdar (kanan) bersama anggota TKM Koltim

“TKM Koltim ini mngedepankan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, bukan kemudian mngedepankan kekerasan ataupun adu fisik. Sebab, hari ini kita berada di zaman modern bukan lagi di zaman dahulu yang selalu mengedepankan kekuatan fisik semata,” kata Asdar pada triaspolitika.id usai deklarasi.

Lebih lanjut Asdar menuturkan, jika ada Mekongga di Kolaka Timur saat ini mulai dikikis oleh zaman modern.

“Untuk itu, dengan dibentuknya TKM Koltim, kita bisa secara bersama menjaga adat kita agar kiranya tidak terkikis oleh zaman,” terangnya.

Asdar berharap, TKM Koltim serta beberapa organisasi masyarakat Tolaki lainnya bisa bersatu dan bersama-sama menjaga ada Tolaki.

Reporter : Dekri

Komentar

BERITA PILIHAN