Hadiri HPN di Sultra, Presiden RI bakal Kenakan Pakaian Tenun Masalili

waktu baca 2 menit
Bupati Muna LM Rusman Emba dan Yanti Setiawati Rusman serta suruh pengurus Dekranas Kabupaten Muna

MUNA, TRIASPOLITIKA.ID – Perayaan Hari Pers Nasional (HPN), yang dilaksanakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada 6 – 9 Febuari 2022, rencananya bakal dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah Menteri.

Presiden Jokowi bersama rombongan dikabarkan bakal mengenakan pakaian tenun Masalili atau Kain Tradisional Khas Kabupaten Muna yang ada di Sulawesi Tenggara.

”Presiden Jokowi bakal mengenakan tenun Maslili saat menghadiri acara Hari Pers Nasional di Kota Kendari nanti,” ujar Wakil Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Muna, Hardani Muuri.

Hardani mengatakan, Tenun Masalili sudah dipesan khusus untuk Presiden RI dan rombongannya. Pemesanan Tenun Masalili kata dia, sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

“Dekranasda Muna yang fasilitasi pihak Dekranas Provinsi Sultra saat memesan pakaian Tenun Masalili,” ujarnya Minggu, (23/1/2022).

Lanjut Hardani, pada peringatan Hari Pers Nasional nanti, semua peserta akan mengenakan Tenun Masalili. “Ibu Hera dari Dekranas Provinsi Sultra yang datang langsung ke Muna memesan langsung Tenun Masalili,” katanya.

Hardani mengaku pihaknya terlibat langsung mengantar Dekranas Provinsi Sultra untuk menemuai para pengerajin tenun di Desa Masalili.

”Saat ini kain Tenun Masalili yang akan gunakan di HPN nanti, sedang dalam proses pengerjaan oleh para pengerajin,” jelas wanita yang juga menjabat sebagai Kabid Promosi di Dinas Perindag Muna ini.

Hardan menambahkan, pengenaan kain Tenun Masalili asal Kabupaten Muna, merupakan bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Sultra terhadap promosi dan pemasaran Tenun di Masalili.

“Hal ini sesuai arahan Bapak Gubernur Sulawesi Tenggara dan Plt. Ketua Dekranasda Prov Sultra DR Hj.Nur Endang Abbas,” pungkasnya.

Ketua Dekransda Kabupaten Muna Yanti Setiawati Rusman membenarkan informasi tersebut. “Iya benar, pihak Dekranas Pemprov Sultra yang menghubungi langsung Dekranasda Muna untuk memesan kain Tenun Masalili,” katanya.

Yanti bersyukur promosi dan pendampingan yang ia lakukan selama ini kepada para pengerajin membuakan hasil yang tidak sia-sia.

”Perlahan Tenun Masalili mulai diminati secara Nasional. Mudah-mudahan kedepan bisa sejajar dengan kain tenun lainnya yang ada di Nusantara,” ujar Ketua Dekranasda Muna.

Yanti menambahkan, belum lama ini para Kepala BPS Provinsi se- Indonesia juga memakai Tenun Masalili dalam kegiatan yang mereka laksanakan.

”Para Kepala BPS Provinsi se- Indonesia dalam kegiatan Rapat pimpinan lengkap BPS di Surabaya pada tanggal 18 -21 Januari 2022, juga memakai Tenun Masalili,” katanya.

Tak luput berkat hal tersebut Yanti mengucapkan terimakasih terhadap Kepala BPS Prov Sulawesi Tenggara serta Kepala BPS Muna yang telah menginisiasi serta memfasilitasi sehingga Tenun Masalili menjadi pilihan seragam dalam kegiatan Nasional tersebut.

Reporter: Bensar Sulawesi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!