oleh

Dua Nama Diduga Cacat Prosedur, HMI Baubau Ragukan Kinerja Panitia Seleksi Sekda Buton Selatan

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah Himpunan Mahasiswa Islam (HmI) Cabang Baubau, Rahman Ruwia turut memantau kinerja Panita Seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Selatan karena diduga syarat akan kepentingan Politik.

“Sekda Buton selatan harus benar-benar lahir dari seleksi yang kompetitif,” ujar dia

Ia menjelaskan, secara kelembagaan HMI Baubau akan terus memantau Seleksi Sekda Busel, yang di selenggarakan di Provinsi Sultra, sekaligus pihaknya bakal menyurat ke ombudsman Sultra terkait persolan yang ada pada proses Seleksi Sekda Busel.

“Kami minta Sekda Propinsi selaku penanggung jawab Panselda untuk mengkroscek kembali 2 nama yang diduga cacat hukum namun tetap dinyatakan lolos,” ungkap Rahman melalui pesan WhatsApp. pada Minggu (2/1/2022)

Menurut informasi, seleksi Sekda Buton Selatan, merambat cepat, bahkan menjadi buah bibir aktivis di kepualaun Buton. Bermula, hadirnya 4 nama yang di nyatakan lolos, sementara 2 dari 4 nama ini diduga tidak sesuai dengan kriteria seleksi Sekda berdasarkan (SK) Sekda Provinsi Sultra, Nomor: 03/PANSEL-JPTP-SEKDA/XII/2021

Rahman mengatakan atas Seleksi Sekda Busel ini dirinya ragu akan kinerja Panselda. Menurut dia, Panselda sepatutnya mengedepankan transparansi agar jauh akan syarat KKN

“Seperti yang di ketahui kemarin sempat seleksi sekda busel di perpanjang meskinya final pendaftaran tanggal 20 tapi waktu pendaftaranya di perpanjang 3 hari. Anehnya juga ketika waktunya sudah di perpanjang Masi ada yang di loloskan yang di duga tak memenuhi kriteria,” terang dia

Lebih jauh kata dia, kualitas Jendral ASN di Buton Selatan harus menjadi percontohan dan cerminan bagi seluruh ASN pastinya, bukan malah menodai daerah Buton Selatan yang beradat, sebab hal ini harus sejalan dengan harapan masyarakat.

“Jika 2 nama yang diduga cacat hukum tersebut dipaksakan untuk masuk dalam daftar nama yang lolos di seleksi Sekda Busel ini, dapat kami pastikan ini bakal menjadi preseden buruk di belakang hari nantinya,” beber Rahman sekaligus salah satu putra daerah Buton Selatan di Kecamatan Sampolawa.

Keterangan yang didapatkan media ini, 2 nama yang lolos seleksi Sekda Buton Selatan diduga cacat karena tidak memenuhi kriteria yang terdapat di poin 5 dan 6 Surat Keputusan (SK) Sekda Provinsi Sultra Nomor: 03/PANSEL-JPTP-SEKDA/XII/2021.

Reporter: ATUL W

BERITA PILIHAN