oleh

Dispar Sultra Akan Perkuat Ekraf lewat Komunitas

KENDARI, TP – Dinas pariwisata provinsi Sulawesi Tenggara akan terus melakukan upaya strategis yang kuat dalam pengembangan ekonomi Kreatif yang mempusatkan “ekonomi kreatif berbasis Komunitas”.

Kepala bidang pengembangan ekonomi kreatif Dinas pariwisata provinsi sulawesi Tenggara, Siamsinar Saat ditemui, Kamis , (14/1/2021) mengatakan, Sultra begitu banyak potensi terhadap para pelaku ekonomi kreatif , itu semua di dominasi dari kalangan pemuda yang membentuk sebuah komunitas.

“Upaya menggenjot perekonomian perlu memang adanya keterlibatan komunitas, mempromosikan kreativitas dan ekpresi kreatifnya, Pasalnya, banyak permasalahan dan Tantangan yang dihadapi anak-anak muda untuk bagaimana mengembangkan potensi ekonomi kreatif di Sultra , termasuk kesiapan kaum muda Intelektual untuk mulai bersaing di Era Industri Teknologi 4.0,” ujar Samsinar.

Lanjutnya ia menuturkan, Dengan Pengembangan ekonomi kreatif Berbasis Komunitas, maka perekonomian yang awalnya didominasi oleh konsumsi akan bergeser menjadi produksi.

“Kota Kreatif yang berbasis pada potensi lokal sebagai keunggulan dan identitas daerah perlu tetap akan kita dorong untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing, serta mampu menjadi pusat pertumbuhan bagi daerah (hinterland) sekitarnya,” ungkapnya

Selain itu Wanita yang baru menjabat Kabid 3 bulan ini, menyebutkan bahwa memang  sebuah Kota Kreatif juga harus dapat membangun ekosistem yang kondusif bagi pengembangan inovasi di daerah.

Di bulan Desember kemarin kami juga sudah membentuk pelatihan dan pengembangan ekonomi kreatif di kalangan Milineal , yang pada akhirnya terbentuklah komunitas milenial atau ekonomi kreatif berbasis Milineal, dengan harapan lahir pegiat pegiat pelaku ekonomi kreatif di kalangan milenial.

“Itulah kenapa komunitas kreatif saya anggap penting dalam pengembangan dan kemajuan perekonomian Sultra kedepannya, hal Inilah juga yang kemudian saya maksud komunitas reaktif sebagai leading sektor,” terangnya.

“Insya Allah semoga di tahun ini semua berjalan dengan baik , semua program yang telah kita buat untuk pengembangan ekonomi kreatif sudah kita lakukan menunggu action,” pungkasnya.

Reporter: Ahmad

BERITA PILIHAN