Bulan ini, PT ASDP Berlakukan E-Ticketing di Pelabuhan Kolaka
KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana memberlakukan penjualan tiket secara online (e-ticketing) di Pelabuhan Penyeberangan Kolaka. E-ticketing rencananya bakal diberlakukan pada tanggal 12 April kedepan.
”Untuk memberlakukan e-ticketing sistem, Pelabuhan Kolaka akan menerapkan pembayaran non tunai. Dimana pengguna jasa dapat melakukan transaksi pembelian tiket tanpa menggunakan uang fisik,” kata Project Member Digital System Development PT ASDP, Fahmi Habibie.
Hal itu dilakukan pihak PT ASDP guna menghindari adanya uang palsu yang kerap ditemukan saat pembelian tiket. Selain itu, juga untuk mengefisienkan waktu transaksi pengembalian uang saat pengguna jasa bertumpuk di Pelabuhan.
”Untuk pembayaran non tunai ini dapat dilakukan dengan menggunakan kartu Prepaid yang sebelumnya telah didukung seperti, kartu Prepaid BNI, BCA, Mandiri dan kartu Prepaid BRI,” urai saat ditemui Triaspolitika.id di Pelabuhan Ferry Kolaka, Kamis, (7/4/2022).
Selain itu kata dia, pihak ASDP juga memberikan akses untuk pembelian e-ticketing melalui mobile banking terhadap pengguna jasa yang memiliki mobile banking seperti BRImo, dan Livin Mandiri.
”Tidak hanya itu, untuk mempermudah pembelian e-ticketing, kami juga menyediakan metode pembayaran melalui E-Wallet, melalui Shopee Pay, DANA, OVO, maupun Link Aja,” katanya.
Kata Fahmi, pelabuhan yang sudah menerapkan digitalisasi e-ticketing saat ini sudah lebih dari dua puluh Pelabuhan.
”Target ASDP itu 2022 mendigitalisasi 17 Pelabuhan se- Indonesia. Jika tidak ada hambatan, e-ticketing ini kita berlakukan pada 12 April mendatang,” ujarnya.
Lanjut Fahmi, sebelum memberlakukan e-ticketing, pihak ASDP, akan melibatkan BPTD Kolaka, serta Polsek Pelabuhan Penyebrangan Kolaka untuk bekrja sama melakukan simulasi yang rencananya dilaksanakan pada 10 April mendatang.
Fahmi berharap dengan pemberlakukan e-ticketing di Pelabuhan penyebrangan Kolaka, petugas ASDP sudah dapat mengefisiensikan pekerjaan, dengan begitu pelayanan dapat lebih cepat lagi.
”Kita juga berharap pengguna jasa bisa lebih mudah lagi membeli tiket tanpa harus menggunakan uang tunai,” pungkas Fahmi, usai mengelar sosialisasi penerapan e-ticketing di Pelabuhan Kolaka.
Diketahui, sosialisasi penerapan e-ticketing dihadiri perwakilan dari Dinas Perhubungan Kolaka, Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyebrangan Kolaka, Kepala UPP Kelas III Kolaka, Kapolsek KP3 Kolaka, DanDePom, Pihak Kesehatan Pelabuhan, serta pimpinan dari penyedia jasa di Pelabuhan Penyebrangan Kolaka – Bajoe.
Reporter: Dekri